PROGRAM KERJA SLB MUHAMMADIYAH BANJARSARI – CIAMIS 2011/2012

PROGRAM KERJA SLB MUHAMMADIYAH BANJARSARI – CIAMIS 2011-2012

BAB I

PENDAHULUAN

 A. Latar Belakang

Rencana Kerja Sekolah (RKS) merupakan sebuah proses perencanaan atas semua hal dengan baik dan teliti untuk mencapai tujuan pendidikan. Dengan tujuan ini sekolah dapat disesuaikan dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, sosial budaya masyarakat, potensi sekolah dan kebutuhan peserta didik. RKS (Rencana Kerja Sekolah) disusun sebagai pedoman kerja pengembangan sekolah, dan sebagai bahan acuan untuk mengidentifikasi serta mengajukan sumber daya yang diperlukan.

Penyususnan RKS mengacu pada Undang-undang Nomer 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar  Nasional Pendidikan, Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan dan Rencana Strategis Kementrian Pendidikan Nasional 2010-2014.

Dewasa ini kompetisi pendidikan berlangsung sangat ketat dan tajam hampir tiada batas. Sekolah yang tidak mampu bersaing secara fair dan terbuka akan tertinggal terseleksi oleh keadaan. Oleh karena itu SLB Muhammadiyah Banjarsari perlu mengembangkan dan meningkatkan secara terus menerus dengan memperhatikan sumber daya yang dimiliki, baik sumber daya menusia maupun sumber daya yang lainnya. Kondisi SLB Muhammadiyah Banjarsari memiliki siswa sebanyak 43 orang, guru sebanyak 8 orang, dukungan dan kepercayaan pemangku kepentingan (stakeholder) yang mendukung, sarana dan prasarana, dan  berada di lingkungan persekolah dengan masyarakat yang religius.

Menghadapi kondidi tersebut SLB Muhammadiyah Banjarsari perlu mempersiapkan diri secara mantap dengan menyusun Rencana Kerja Sekolah (RKS ) untuk menghadapi masa yang akan datang.

B. Manfaat Program Kerja atau RKS

RKS penting dimiliki sekolah , maka SLB Muhammadiyah Banjarsari menyusun RKS untuk memberi arah dan bimbingan kepada para pelaku sekolah dalam rangka perubahan atau tujuan sekolah yang lebih baik dalam meningkatkan dan mengembangkan denagn risiko yang kecil dan untuk mengurangi ketidakpastian masa depan. Dengan adanya RKS diharapkan dapat dijadikan sebagai : (1) pedoman kerja untuk perbaikan dan pedoman sekolah, (2) sarana untuk melaukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengembangan sekolah, serta, (3) bahan untuk mengajukan usulan pendanaan dan pengemabangan sekolah.

C. Tujuan RKS

SLB Muhammadiyah  Banjarsari menyusun RKS dengan tujuan untuk:

  1. Menjamin agar perubahan / tujuan sekolah yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan tingkat kepastian yng tinggi dan resiko yang kecil.
  2. Mendukung koordinasi anatar personil sekolah.
  3. Menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi baik antar personil sekolah, antar sekolah dan dinas pendidikan.
  4. Menjamin keterkaitan antara perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan.
  5. Mengoptimalkan partisipasi warga sekolah dan masyarakat.
  6. Menjamin tercapainnya penggunaan sumber daya secara efisien, efektif, berkeadilan dan berkelanjutan.

D. Tahap Penyusunan

Proses penyusunan RKS dilakukan melalui tiga jenjang, yaitu: persiapan, perumusan RKS, dan pengesahan RKS. Alur proses penyusunan RKS tersebut dapat dilukiskan dalam uraian-uraian sebagai  berikut :

1. Persiapan

Sebelum perumusan RKS dilakukan, kepala sekolah dan guru bersama komite sekolah membentuk tim perumus RKS yang disebut Kelompok Kerja Rencana Kerja Sekolah. KKRKS beranggotakan 5 orang yang terdiri dari unsur : Kepala Sekolah, , Wakil Kepala Sekolah, dua orang guru dan wakil dari kmite sekolah.

Setelah KKRKS terbentuk, selanjutnya mengikuti pembekalan / orientasi mengenai kebijakan-kebijakan pengembangan pendidikan dan perumusan RKS.

2. Perumusan RKS

Perumusan RKS dilakukan melalui 4 tahap sebagai berikut:

Tahap Kesatu: Identifikasi Tantangan

Tujuan tahap 1 ini adalah untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh SLB Muhammadiyah  Banjarsari, yaitu dengan cara membandingkan anatra ”apa yang diinginkan (harapan)” dengan ”apa yang ada saat ini ” di SLB Muhammadiyah Banjarsari, atau upaya untuk mempertahankan suatu keberhasilan yang telah dicapai sekolah. Identifikasi tantangan dilakukan melalui langkah-langkah berikut ini.

  1. Penyusunan profil SLB Muhammadiyah Banjarsari.
  2. Mengidentifikasi harapan pemangku kepentingan.
  3. Merumuskan tantangan yang dihadapi oleh SLB Muhammadiyah Banjarsari.

Tahap Kedua : Analisis Pemecahan Tantangan

Langkah-langkah dalam menganalisis tantangan adalah sebagai berikut:

  1. Menentukan penyebab tantangan utama.
  2. Menentukan alternatif pemecahan masalah  tantangan utama.

Tahap ketiga : Penyusunan Program

Dalam penyusunan program ada 6 langkah yang perlu dilakukan, yaitu :

  1. Menetapkan sasaran.
  2. Menetapkan program.
  3. Menetapkan penanggung jawab program.
  4. Menentukan indikator keberhasilan program.
  5. Menentukan kegiatan, dan
  6. Menyusun jadwal kegiatan.

Tahap Keempat : Penyusunan Rencana Biaya dan Pendanaan.

Pada tahap ini ditetapkan jenis dan banyaknya dana yang dibutuhkan, perkiraan jenis dan jumlah sumber pendanaan, aturan-aturan dari sumber pendanaan dan alokasi jenis dan sumber pendanaan untuk setiap jenis kebutuhan dana

3. Pengesahan RKS

Setlah RKS selesai disusun oleh KKRKS, RKS dibahas bersama oleh kepala sekolah, dewan guru dan komite sekolah untuk dikaji ulang agar RKS yang telah disusun sesuai dengan yang diharapkan. Selanjutnya RKS yang telah dikaji ulang dan diperbaiki disahkan oleh Kepala Sekolah, dan Komite Sekolah. Akhirnya, RKS yang telah disahkan disosialisasikan kepada para pemangku kepentingan di SLB Muhammadiyah  Banjarsari.

E. Landasan Hukum

Landasan hukum penyusunan RKS ini ádalah sebagai berikut:

  1. UU No. 20/2003 tentnag Sistem Pendidikan Nasional psl. 4 (pengelolaan dana pendidikan berdasar pada prinsip keadilan, efesiensi, transparansi dan akuntabilitas publik).
  2. UU No. 25/2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional.
  3. PP No. 19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Psl. 53 ( setiap satuan pendidikan dikelola atas dasar rencana kerja tahunan yang merupakan penjabaran rinci dari rencana kerja jangka menengah satuan pendidikan yang meliputi masa 4 tahun).
  4. Permendiknas 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan. Sekolah membuat rencana kerja jangka menengah (RKJM) 4 tahun, rencana kerja tahunan (RKT) dinyatakan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah  (RKA/M) dilaksanakan berdasarkan RKJM. RKJM/T disetujui rapat dewan pendidik setelah memperhatikan pertimbangan dari komite sekolah dan disyahkan berlakunya oleh dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

 

BAB II

VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH

 A. Visi

Visi SLB Muhammadiyah Banjarsari adalah : ”Unggul  dalam mengembangkan life skill melalui pembelajaran yang bermutu menuju kemandirian anak berkebutuhan khusus.”

B. Misi :

  1. Menciptakan siswa berkebutuhan khusus yang beriman, bertakwa, dan  berakhlak mulia.
  2. Memberikan kesempatan belajar kepada anak-anak berkebutuhan khusus.
  3. Membantu anak berkebutuhan khusus dalam mengatasi masalah kelainannya.
  4. Membekali siswa berkebutuhan khusus dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
  5. Membekali siswa berkebutuhan khusus dengan keterampilan kerja.
  6. Mendorong kreativitas dan kemandirian para siswa.

 

Untuk mewujudkan visi, misi tersebut di atas ditempuh dengan beberapa strategi sebagai berikut :

  1. Mendidik dan membiasakan anak dalam kehidupan yang agamis, serta  menciptakan lingkungan yang kondusif bagi kehidupan agamis .
  2. Melakukan sosialisasi dan penjaringan anak berkebutuhan khusus.
  3.    Memberikan terapi kepada anak berkebutuhan khusus  sesuai dengan kelainannya.
  4. Menyediakan fasailitas yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan.

C. Tujuan

             Tujuan sekolah yang ingin dicapai adalah :

  1. Membentuk siswa yang beriman dan takwa kepada Tuhan Yang Mahaesa.
  2. Membentuk siswa yang memiliki akhlak mulia dan berbudi pekerti yang luhur.
  3. Membentuk siswa yang memiliki ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
  4. Membentuk siswa yang memiliki life skill sebagai bekal untuk hidup di masyarakat.
  5. Memberikan terapi atas hambatan yang dimiliki para siswa.
  6. Membentuk siswa yang kreatif dan mandiri.

Adapun tujuan umum tiap jenjang pendidikan adalah sebagai beruikut :

1. SDLB dan SMPLB  bertujuan untuk :

”Meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta  keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.”

2. SMALB bertujuan untuk :

        ”Meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan   untuk hidup mandiri dan  mengikuti pendidikan lebih lanjut.”

 

BAB III

KEADAAN SEKOLAH

 Gambaran mengenai keadaan sekolah (profil sekolah) dalam kurun waktu satu tahun (2010/2011) dapat dikemukakan sebagai berikut:

A. Proses Penerimaan Siswa Baru

  1. Proses PSB  masih dilaksanakan secara tradisional yakni hanya memberikan edaran atua brosur berupa informasiseputar penerimaan siswa baru ke masyarakat disekitar sekolah, dan SD/MI sekitar.
  2. Kondisi ekonomi orang tua siwa menengah ke bawah, karena mayoritas  berprofesi sebagai buruh tani dan wiraswasta.
  3. Jarak anatara SLB Muhammadiyah  Banjarsari dengan SLB lainnya yang terdekat berjarak sekitar 7 km.

B.     Proses Pembelajaran

 Pada umumnya proses pembelajaran telah berjalan dengan baik namun demikian ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian dan peningkatan yaitu:

  1. Rencana pelajaran untuk setiap mata pelajaran sudah tersedia secara lengkap di semua kelas.
  2. Dalam rencana pembelajaran masíh ada yang belum memuat : tujuan pemebelajaran secara tepat, strategi pembelajaran yang bervariasi, media pembelajaran yang tepat dan bervariasi.
  3. Dalam pelaksanaan pembelajaran, sebagian  guru belum melaksanakannya pembelajaran dengan strategi dan metode pembelajaran yang variatif.
  4. Keterbatasan alat peraga yang dimiliki menyebabkan pelaksanaan pembelajaran kurang optimal.

C.    Manajemen Sekolah

 Pengelolaan kurikulum, kesiswaan, ketenagaan, sarana dan prasarana, humas, dan keuangan dikelola dengan manajemen sekolah.

D. Peran Serta Masyarakat

  1. Sekolah belum melibatkan orangtua peserta didik dalam menyusun, melaksanakan dan mengevaluasi program sekolah, tetapi baru diwakili oleh pengurus Komite Sekolah.
  2. Pekerjaan orangtua peserta didik mayoritas petani/buruh tani dan pegawai swasta yang berpenghasilan kurang.
  3. Komite Sekolah bekerja secara maksimal baik sebagai pemebri pertimbangan dukungan, pengontrol dan penghubung dengan pemangku kepentingan.

4. Hubungan dengan masyarakat sekitar dan pemerintahan desa setempat sudah terjalin dengan baik.

E. Sumber Daya Pendidikan

  1. Sekolah melaaksanakan PBM di pagi hari karena ruang kelas sudah cukup.
  2. Sekolah belum memiliki ruang khususan, laboratorium dan ruang perpustakaan.
  3. Guru yang sudah memiliki kualifikasi akademik S1 berjumlah 7 orang dan 1 orang guru sukwan masih kuliah pada jurusan PLB.

 

BAB IV

RENCANA KERJA SEKOLAH

Rencana Kerja SLB Muhammadiyah Banjarsari disusun dengan mempertimbangkan keadaan sekolah, harapan masyarakat dan tantangan dalam lingkungna strategis pendidikan di sekolah agar sarana dan program sekolah dalam satu tahun ke depan lebih realistis dan efisien serta konsisten dengan prinsi-prinsip pengelolaan pendidkan yang efettif, efisien, akuntabel dan demokratif.

Dalam bab ini dikemukakan hasil pengembangan program sekolah, yang mencakup telaah mengenai: (1) sasaran, (2) program (3)indikator keberhasilan (4)kegiatan (5) penanggung jawab, dan (6) jadwal kegiatan.

Sasaran digunakan panduan dalam menyusun program dan kegiatan yang akan dilakukan dalam waktu satu tahun gunna merealisasikan alternatif pemecahan tantangan yang telah dirumuskan pada tahap II. Dalam menetapkan sasaran, sekolah telah melakukan analisis kesiapan sekolah, untuk mencapai sasaran tersebut antara lain dengan melihat kesiapan sumberdaya manusia, sarana dan prasarana, keuangan, dan situasi serta kondisi sekolah. Rumusan sasaran pengembangan sekolah kurun waktu satu tahun ke depan.

Setelah sasaran dirumuskan sekolah menetapkan program-program yang perlu dikembangkan di sekolah. Program merupakan pernyataan yang berisi kesimpulan dan beberapa alternatif pemecahan tantangan utama yang memiliki karakteristik yang saling mendukung, saling tergantung atau saling berkaitan unuk untuk mencapai tujuan yang sama. Berdasarkan hasil identifikasi pemecahan tantangan utama tersebut, maka program-program yang akan dikembangkan di SLB Muhammadiyah Banjarsari sebagai berikut:

  1. Mengkaji pelaksanan kurikulum di sekolah dengan prinsi-prinsip pengembangan kurikulum sesuai denagn satuan pendidikan yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan.
  2. Menyiapkan perangkat standar mutu pendidikan melalui efektifitas pembelajaran dan pembiasaan sesuai dengan lingkungan belajar yang rekreatif, edukatif dan religius.
  3. Melaksanakan pemeliharaan, peningkatan dan pengembangan potensi sumber daya pendidik yang profesional dalam rangka mengacu peningkatan berbagai kecakapan dan kecerdasan peserta didik.
  4. Berupaya dengan segenap kemampuan untuk dapat mengantarkan peserta didik menuju kecerdasan apresiasi seni budaya.
  5. Mewujudkan peserta didik untuk dapat memiliki dasar-dasar life skill yang bermuara pada kemahiran membaca, menulis dan berhitung.

Adapun sasaran SLB Muhammadiyah Banjarsari tahun 2010/2011 adalah sebagai berikut:

  1. Mengembangkan kurikulum sekolah sesuai dengan potensi peserta didik agar mampu menjadi manusia Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat jasmani dan rohani, berilmu, cakap, kreatif dan mandiri.
  2. Meningkatkan mutu pendidikan melalui efektifitas pembelajaran dan pembiasaan sesuai dengan lingkungna belajar yang rekreatif, edukatif dan religius.
  3. Memelihara, meningkatkan dan mengembangkan potensi sumber daya manusia pendidik yang profesional dalam rangka memacu peningkatan berbagai kecakapan dan kecerdasan peserta didik.
  4. Peserta didik yang memiliki dasar-dasar life skill yang bermuara pada kemahiran calistung.

Sedangkan kegiatan sekolah SLB Muhammadiyah Banjarsari yang akan dilaksanakan pada tahun ajaran 2011/2012 adalah sebagai berikut :

  1. Melaksanakan dan mengembangkan kurikulum sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum sesuai tuntutan satuan pendidikan yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan.
  2. Melaksanakan uji mutu pendidikan sesuai ( standar kelulusan) melalui efektifitas pembelajaran, ekstrakulikuler dan pembiasaan dengan pemanfaatan lingkungan konstektual sebagai pusat pembelajaran yang rekreatif, dan edukatif.
  3. Melaksanakan sistem pembinaan yang profesional dalam rangka memelihara, meningkatkan dan menegmbangkan potensi sumber daya pendidik melalui wadah KKG, KKKS, pendidikan dan latihan , Penelitian Tindakan Kelas, secara berkala dan berkesinambungan
  4. Melaksanakan, mengembangkan dan mengevaluasi  berbagai kegiatan pembelajaran untuk dapat memacu peningkatan kualitas peserta didik menuju kecerdasan apresiaasi terhadap seni budaya dan budaya karakter bangsa.
  5. Melaksanakan, mengembangkan, dan mengevaluasi semua bentuk pembelajaran yang bermuara pada kemahiran membaca, menulis, dan berhitung sebagai dasar life skill yang dibutukhkan untuk mengikuti jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Adapun Program Kerja SLB Muhammadiyah Banjarsari tahun 2010/2011 secara terperinci  adalah sebagai berikut :

 RINCIAN PROGRAM KERJA SLB MUHAMMADIYAH BANJARSARI KAB. CIAMIS

TAHUN  2010/2011

 

BIDANG PROGRAM

 

SUB BIDANG PROGRAM

INDIKATOR KEBERHASILAN PROGRAM

ACUAN PROGRAM

(1)

(2)

(3)

(4)

  1. Standar Isi
1.1  Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Penidikan.

(memuat visi, misi, tujuan sekolah, kerangka dasar dan  struktur kurikulum, serta beban belajar).

 Memiliki dokumen kurikulum sekolah yang

lengkap.(dokumen 1 dan 3).

– Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang SNP

– Permendiknas No. 22 tahun 2006 Tentang Standar Isi

1.2 Penyusunan Kalender Pendidikan Memiliki dokumen Kalender Pendidikan
2. Standar Proses 2.1 Penyusunan Perencanaan Proses Pembelajaran Tersedianya administrasi kelas (perencanaan

proses pembelajaran) yang lengkap.

 – Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang SNP

– Permendiknas No. 41

Tahun2007 Tentang Standar Proses

2.2 Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Terciptanya pembelajaran aktif, inovatif,

kreatif, efektif, dan menyenangkan.

2.3 Penialain hasil pembelajaran Tersedianya bank soal yang bermutu
Memiliki dokumen penilaian yang rapi.
2.4 Pengawasan proses pembelajaran Terlaksananya pengawasan pembelajaran yang

efektif dan efisien.

 

BIDANG PROGRAM

 

SUB BIDANG PROGRAM

INDIKATOR KEBERHASILAN PROGRAM

ACUAN PROGRAM

(1)

(2)

(3)

(4)

3. Standar Kompetensi Lulusan 3.1 Penyusunan Standar Kompetensi Lulusan yang meliputi untuk semua mata pelajaran yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Tersedianya Standar Kompetensi Lulusan yang sesuai dengan jenis kelainan, dan jenjang pendidikannya. – Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang SNP

– Permendiknas No. 23 tahun 2006 Tentang Standar Isi

4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan 4.1 Pendidik :

– Menetapkan jumlah rasio guru siswa

1 : 5

 

Tersedia jumlah guru sesuai dengan yang dibutuhkan.

– Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang SNP

– Permendiknas No. 32  tahun 2008 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru Pendidikan Khusus

 

 

 

 

      – Menetapkan kualifikasi akademik guru S1 dengan spesifikasi PLB Semua guru memiliki kualifikasi akademik minimal S1 dengan spesifikasi PLB
      – Mengupayakan agar semua guru memahami, menghayati, dan melaksanakan 4  Kompetensi Guru Semua guru memahami, menghayati, dan melaksanakan 4 Kompetensi Guru
      – Mengusulkan guru untuk memperoleh sertifikat sebagai pendidik (sertifikasi guru). Terealisasinya sertifikat pendidik bagi 2 orang guru (sertifikasi guru).
– Mengupayakan agar semua guru mampu menggunakan ICT Semua guru mampu menggunakan ICT untuk keperluan tugasnya.

 

BIDANG PROGRAM

SUB BIDANG PROGRAM

INDIKATOR KEBERHASILAN PROGRAM

ACUAN PROGRAM

(1)

(2)

(3)

(4)

 

            Tenaga Kependidikan :

– Mengupayakan agar Kepala sekolah memahami, menghayati, dan melaksanakan  5 Kompetensi Kepala Sekolah

Kepala sekolah memahami, menghayati, dan melaksanakan  5 Kompetensi Kepala Sekolah

 

     – Penambahan tenaga untuk tenaga administrasi dan tenaga perpustakaan Tersedianya tenaga administrasi dan tenaga perpustakaan
      – Bimbingan kerja bagi tenaga kebersihan sekolah. Tersedianya tenaga kebersihna yang mampu bekerja sesuai dengan tugas pokoknya.
  1. Standar Sarana dan Prasarana
5.1 Mengusulkan sarana penunjang pembelajaran ke APBD/APBN melalui Dinas Pendidikan Provinsi. Tersedianya sarana penunjang pembelajaran yang lengkap. – Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang SNP

– Permendiknas No. 33 tahun 2008 Tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk SDLB, SMPLB, dan SMALB

 

5.2 Melengkapi buku-buku sumber relajar dan alat peraga pembelajaran Semakin lengkapnya buku sumber relajar dan alat peraga pembelajaran.

 

BIDANG PROGRAM

 

SUB BIDANG PROGRAM

INDIKATOR KEBERHASILAN PROGRAM

ACUAN PROGRAM

(1)

(2)

(3)

(4)

 

5.3 Pemeliharaan sarana dan prsarana Terpeliharanya sarana dan prasarana sekolah.

 

 

6. Standar Pengelolaan

6.1 Menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Terwujudnya kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas. – Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang SNP

– Permendiknas No. 19

tahun 2007 Tentang     Standar Pengelolaan

6.2 Penyusunan struktur organisasi sekolah. Tersusunnya organisasi sekolah dan tupoksinya secara jelas
6.3 Pengelolaan Administrasi Sekolah Tersusunnya administrasi sekolah yang lengkap dan baik
6.4 Pengelolaan Kurikulum – Tersusunnya kurikulum sekolah yang memperhatikan validitas, reliabilitas, dan fleksibilitas.

– Terlaksananya kurikulum secara sistimatis, tuntas, dan proporsional.

6.5 Pengelolaan Ketenagaan – Adanya pembagian tugas yang jelas

– Terlaksananya pembinaan pegawai yang sistematis, dan kontinyu.

– Tumbuh dan berkembangnya budaya kerja

 

BIDANG PROGRAM

SUB BIDANG PROGRAM

INDIKATOR KEBERHASILAN PROGRAM

ACUAN PROGRAM

(1)

(2)

(3)

(4)

 

 

yang dilandasi dengan disiplin, etos kerja yang

tinggi, dan kekeluargaan.

 

6.7 Pengelolaan Kesiswaan – Adanya sistem penerimaan murid baru yang teratur.

– Terlaksananya penempatan siswa dalam kelas secara tepat.

–  Terwujudnya pelayanan kepada siswa secara sistematis, kontinyu, dan proporsional.

6.8 Pengelolaan Sarana dan Prasarana – Adanya pendayagunaan sarana dan prasarana secara optimal.

– Terlaksananya penambahan sarana dan prasarana secara kontinyu.

– Adanya perawatan sarana dan prasarana.

6.9 Pengelolaan Humas – Terciptanya hubungan dan kerjasama yang baik dengan masyarakat.
6.10 Pengelolaan Keuangan – Adanya dana yang masuk serta penggunaannya secara tepat.

BIDANG PROGRAM

SUB BIDANG PROGRAM

INDIKATOR KEBERHASILAN PROGRAM

ACUAN PROGRAM

(1)

(2)

(3)

(4)

 

 

– Terwujudnya pengelolaan keuangan yang

transparan, dan akuntabel.

 

 

6.11 Pelaksanaan Evaluasi Program Kerja Sekolah – Terlaksananya evaluasi program kerja sekolah secara tepat.

– Diperolehnya hasil evaluasi sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan tindak lanjut dan pembuatan program kerja tahun berikutnya.

7. Standar Pembiayaan 7.1 Menyediakan dan pendidikan dari BOS Terealisasinya dana BOS untuk dana pendidikan – Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang SNP

– Buku Panduan BOS  tahun 2011

7.2 Mengelola dana pendidikan dari BOS secara transparan, efektif, efisien, dan akuntabel. – Adanya rencana pembelanjaan yang jelas yaitu dengan tersusunnya RAPBS.

– Terpenuhinya keperluan-keperluan pendidikan secara tepat sesuai dengan peruntukannya.

– Terwujudnya pengelolaan dana yang transparan, efektif, efisien, dan akuntabel

BIDANG PROGRAM

SUB BIDANG PROGRAM

INDIKATOR KEBERHASILAN PROGRAM

ACUAN PROGRAM

(1)

(2)

(3)

(4)

 

 

yaitu dengan tersusunnya LPJ BOS yang baik.

 

8. Standar Penilaian Pendidikan 8.1 Menyusun pedoman penilain sesuai dengan kompetensi yang telah ditetapkan. Memiliki pedoman penilaian yang tersusun dengan rapi dan terencana. – Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang SNP

– Permendiknas No. 20 Tahun 2007 Tentang Standar Penilaian Pendidikan

8.2 Melaksanakan penilaian pendidikan sesuai dengan pedoman. – Memiliki dokumen penilaian yang lengkap, komprehensif dan rapi.

– Memiliki instrumen penilaian yang lengkap.

– Tersusunnya laporan hasil penilaian pendidikan yang lengkap dan sistematis.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PROGRAM KERJA SEKOLAH  (RKS) DAN  ALOKASI WAKTU PELAKSANAAN

SLB MUHAMMADIYAH BANJARSARI KAB. CIAMIS

TAHUN 2010/2011

 NO.

KOMPONEN PROGRAM

SEMESTER I

SEMESTER II

KETERANGAN

Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Januari Februari Maret April Mei Juni

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

(10)

(11)

(12)

(13)

(14)

(15)

I STANDAR ISI                          
1.1  Penyusunan Kurikulum sekolah

( Dokumen I, dan Dokumen III)

 

                       
1.2 Penyusunan Kalender Pendidikan                        
II STANDAR PROSES                          
2.1 Penyusunan Perencanaan Proses Pembelajaran                      
2.2 Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar  
2.3 Penialain hasil pembelajaran  
2.4 Pengawasan proses pembelajaran  
III STANDAR KOMPETENSI LULUSAN                          
3.1 Penyusunan Standar Kompetensi Lulusan yang meliputi untuk semua mata pelajaran yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.  

                       
IV STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN                          
4.1 Pendidik :

– Menetapkan jumlah rasio guru siswa 1:5

 

                       
      – Menetapkan kualifikasi akademik guru S1 dengan spesifikasi PLB                        
      – Mengupayakan agar semua guru memahami, menghayati, dan melaksanakan 4  Kompetensi Guru  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
      – Mengusulkan guru untuk memperoleh sertifikat sebagai pendidik (sertifikasi guru).                        
– Mengupayakan agar semua guru mampu menggunakan ICT  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
            Tenaga Kependidikan :

– Mengupayakan agar Kepala sekolah memahami, menghayati, dan melaksanakan  5 Kompetensi Kepala Sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
     – Penambahan tenaga untuk tenaga administrasi dan tenaga perpustakaan                        
      – Bimbingan kerja bagi tenaga kebersihan sekolah.

 
V STANDAR SARANA DAN PRASARANA                          
5.1 Mengusulkan sarana penunjang pembelajaran ke APBD/APBN melalui Dinas Pendidikan Provinsi.                      
5.2 Melengkapi buku-buku sumber belajar dan alat peraga pembelajaran  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
VI STANDAR PENGELOLAAN                          
6.1 Menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
6.2 Penyusunan struktur organisasi sekolah.  

                       
6.3 Pengelolaan Administrasi Sekolah  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
6.4 Pengelolaan Kurikulum  
6.5 Pengelolaan Ketenagaan  
6.7 Pengelolaan Kesiswaan  
  6.8 Pengelolaan Sarana dan Prasarana  
  6.9 Pengelolaan Humas  
  6.10 Pengelolaan Keuangan  
  6.11 Pelaksanaan Evaluasi Program Kerja Sekolah                        
VII STANDAR PEMBIAYAAN                          
7.1 Menyediakan dan pendidikan dari BOS                  
7.2 Mengelola dana pendidikan dari BOS secara transparan, efektif, efisien, dan akuntabel.  
VIII STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN                          
  8.1 Menyusun pedoman penilain sesuai dengan kompetensi yang telah ditetapkan.                        
 

 

8.2 Melaksanakan penilaian pendidikan sesuai dengan pedoman.  

 BAB V

PENUTUP

      Program Kerja Sekolah atau RKS ini disusun sebagai upaya yang dilakukan oleh sekolah dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Program ini disusun berdasarkan pertimbangan dari program-program tahun yang lalu dan mengacu pada Standar Nasioanl Pendidikan. Program ini tidak akan berarti apa-apa tanpa suatu pelaksanaan yang baik, oleh karenanya yang sangat menentukan terhadap keberhasilan program ini adalah unsur manusianya, dalam hal ini bidang ketenagaan yang berdayaguna dengan menenmpuh manajemen yang tepat.

Tiga hal yang mesti dilakukan berkaitan dengan Program Kerja ini yaitu pembuatan program yang baik, pelaksanaan program yang efektif, evaluasi yang berkelanjutan, dan tindak lanjut untuk selalu meningkatkan dan mengembangkan program yang lebih baik. Melalui tiga tahapan ini tujuan pendidikan yang ingin dicapai dapat terealisasi dengan baik sesuai dengan yang diharapkan..

    KATA PENGANTAR

 Puji syukur alhamdulillah kami panjatkan kehadirat Alloh SWT yang telah memberikan rahmat, taufik, dan hidayah-Nya sehingga penulisan Program Sekolah ini dapat terselesaikan. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpahkan kepada nabi Muhammad SAW yang telah membuka tabir kegelapan menuju jalan yang terang benderang penuh dengan cahaya hidup dan suri tauladannya.

Program Kerja Sekolah adalah Renana Kerja Sekolah. RKS SLB Muhammadiyah Banjarsari berisiskan tentang seluruh rencana kerja sekolah selama 1 tahun ke depan yang bertujuan untuk memberikan gambaran secara umum dan sekaligus sebagi acuan suatu lembaga pendidikan dalam melaksanakan berbagai macam kegiatan. Sehingga Rencana Kerja Sekolah (RKS) mutlak dibutuhkan.

RKS SLB Muhammadiyah Banjarsari tahun pelajaran 2010/2011 ini kami susun dengan mempertimbangkan masukan, saran dan pendapat dari berbagai pihak antara lain guru dan komite sekolah melalui rapat dewan guru, rapat komite sekolah, rapat bersama stakeholder sekolah.

Terselaesaikannya Rencana Kerja Sekolah ini tentu saja tidak lepas dari bantuan dan peran serta banyak pihak. Oleh karena itu, dengan tulus kami menyampaikan ucapan terima kasih yang tidak terhingga kepada kepada semua pihak yang telah membantu terselesaikannya program ini.

Disadari bahwa penyusunan RKS SLB Muhammadiyah  Banjarsari ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu, kritik saran yang sifatnya membangun sangat kami harapka guna penyempurnaan program ini.

 

Banjarsari,  Juli 2010

                                                                                                 Penyusun

DAFTAR ISI

                                                                                                                                                                                                                                                                                                        Halaman

KATA PENGANTAR ……………………………………………………………………………………..    i

LEMBAR PENGESAHAN ………………………………………………………………………………   ii

DAFTAR ISI ………………………………………………………………………………………………….. iii

BAB I.  PENDAHULUAN ………………………………………………………………………………    1

  1. Latar Belakang …………………………………………………………………………………….     1
  2. Manfaat RKS ………………………………………………………………………………………     1
  3. Tujuan RKS …………………………………………………………………………………………    2
  4. Tahap Penyusunan RKS …………………………………………………………………………   2
  5. Landasan Hukum …………………………………………………………………………………..   4

BAB II.   VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH ……………………………………………….   5

  1. Visi………………………………………………………………………………………………….  5
  2. Misi ………………………………………………………………………………………………..   5
  3. Tujuan …………………………………………………………………………………………….   5

BAB III.  KEADAAN SEKOLAH ……………………………………………………………………..   7

  1. Penerimaan Peserta Didik Baru……………………………………………………………  7
  2.  Proses Pembelajaran………………………………………………………………………….  7
  3. Manajemen Sekolah…………………………………………………………………………… 7
  4. Peran Serta Masyarakat………………………………………………………………………. 8
  5. Sumber Daya Pendidikan……………………………………………………………………. 8

BAB IV.  RENCANA KERJA SEKOLAH…………………………………………………………… 9

BAB V.   PENUTUP ……………………………………………………………………………………….. 23

LAMPIRAN……………………………………………………………………………………………………..24

 

 PROGRAM KERJA SEKOLAH

SLB MUHAMMADIYAH BANJARSARI KAB. CIAMIS

TAHUN 2011/2012

 

 

DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA BARAT

SLB MUHAMMADIYAH BANJARSARI KABUPATEN CIAMIS

Jl. Kubangpari Dsn. Mekarsari RT 26/06 Ds. Cibadak, Kec. Banjarsari – 46383

Tlp. 081 568 568 13

2011

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s